Material Papan Partikel / Partikel Board

Material partikel board merupakan salah satu material untuk membuat furniture kayu baik seperti lemari dan kabinet.  Pamornya tidak kalah dengan MDF, blockboard dan multiplek. Ada anggapan bahwa bahan partikel board ini adalah bahan yang mudah rusak. Sayangnya, anggapan ini sering sekali dilakukan karena perbandingan yang tidak seimbang. Walaupun diakui, bahwa salah satu kenapa material partikel board populer adalah karena harganya yang lebih murah. 

Tampilan Partikel Board


Bahan partikel board masih termasuk kayu lapis modern atau plywood. Muncul sebagai kayu lapis alternatif  yang muncul pada akhir tahun 1940-an saat ada kekosongan kayu untuk bahan plywood. Partikel board menjadi populer karena menggunakan kombinasi bahan-bahan daur ulang, misalnya sisa potongan kayu, serpihan dan serbuk kayu yang dikompres secara bersamaan. Hal ini membuat biaya produksinya lebih murah dan tentu " RAMAH LINGKUNGAN".

BACA JUGA :

Ingin Tahu Apa itu Material MDF Yang Dipakai Sebagai Material Furniture / Perabot ?

 

Bahan Partikel Board Untuk Lemari


Material partikel board memiliki beberapa karakteristik antara lain :
- Lebih padat dan seragam
- Ringan
- Mudah hancur, bahkan dibandingkan dengan MDF
- Bisa dilapisi dengan veneer, sehingga tampak lebih indah
- membutuhkan tenaga lebih besar jika ingin melakukan instalasi pada material partikel board yang lebih padat.
- Rentan hancur jika dipasang di area lembab dan basah
- Tidak mudah bengkok, ini salah satu keunggulan partikel board dibandingkan multiplek. 

BACA JUGA :

Material Kayu Blockboard Untuk Furniture Kayu


Dengan segala kekurangan dan kelebihannya, maka sebenarnya kita tidak perlu alergi dengan penggunaan partikel board. Bagaimanapun, harga yang anda bayarkan untuk material ini jauh lebih murah, dibandingkan jika menggunakan material multiplek.


Komentar