Ingin Tahu Apa itu Material MDF Yang Dipakai Sebagai Material Furniture / Perabot ?

Material MDF merupakan salah satu material furniture yang yang sangat populer. Papan MDF digunakan untuk beberapa furnitur tersebut di antaranya adalah lemari, meja, kursi, laci, dan rak. Barangkali kamu juga sering mendengar ketika hendak membeli suatu perabot kayu, maka MDF merupakan salah satu material yang ditawarkan. Tapi mungkin masih bingung juga, material MDF ini apa sebenarnya.

Lembaran MDF


Apa itu material MDF
Papan MDF (Medium Density Fiber) adalah olahan kayu berupa lembaran sebagai alternatif pengganti kayu lapis / plywood.   MDF memiliki karakteristik permukaan halus, ikatan partikel-partikel kayunya sangat kuat, dan ringan.


Proses pembuatan papan MDF
Untuk menghasilkan papan MDF, diperlukan proses yang cukup panjang. Mulai dari pohon dibersikan kulitnya, lalu dipotong-potong dengan perkiraan ukuran diameter 20 cm dan panjang 100 cm.  Selanjutnya batang kayu dimasukkan ke dalam mesin khusus untuk diubah menjadi serpihan kecil. Serpihan kecil kayu ini direbus hingga menjadi lunak dan lembut. Jika teksturnya sudah tepat dengan standar, maka serpihan-serpihan kayu ini akan dicampur lilin dan lem lalu masuk ke dalam proses tekanan tinggi.



Setelah diproses tekan, akan menjadi  sebuah lembaran ukuran 1220 x 2440 mm. Permukaan papan MDF bagian atas dan bawah memiliki tingkat kekilapan yang berbeda. Bagian yang lebih mengkilap akan diletakkan di bagian luar .


Kelebihan Material  MDF
Material lembaran MDF  punya kelebihan memiliki permukaan yang lebih halus sehingga jika ditambahkan cat, maka hasilnya akan sempurna karena tidak ada permukaan yang berlubang atau berpori-pori besar. Selain ini, material MDF juga terbilang ringan sehingga cocok dijadikan meja kantor dan rak.

Permukaan MDF yang halus


Kekurangan Papan MDF
Kekurangan ini bukan berarti MDF berkualitas buruk. Hanya saja, memang tiap material mempunyai batas-batasannya masing- masing. Sehingga ini jadi pertimbangan.
Pertama, material MDF mudah menyerap air, sehingga perabot rentan menjadi lembab dan mudah lapuk. Jika perabot di lokasi yang tidak bebas air, maka singkirkan MDF dari daftar bahan yang anda gunakan.

Selain itu, lembaran papan MDF ini tidak terlalu kuat untuk mengikat paku ataupun skrup pada bagian yang tebalnya.


Hal-hal yang Harus diperhatikan Papan MDF

Papan MDF  memiliki dampak berbahaya bagi para pekerja dan pengguna, karena  MDF ini memiliki debu tipis pada bagian permukaannya. Hal ini bisa menyebabkan asma dan gangguan pernafasan lainnya. Setiap pekerja wajib menggunakan masker pada saat mengerjakannya. Jika anda menggunakan perabot dari MDF, sebaiknya buka bagian pintu dan laci selama beberapa hari sebelum digunakan, ssupaya debu dan kandungan formaldehyde menghilang.


Komentar