Rabu, 02 September 2020

Material Kayu Blockboard Untuk Furniture Kayu

Kamu sudah tahu material MDF, multiplek, yang banyak digunakan untuk furniture kayu. Ada lagi yang cukup populer digunakan, yaitu blockboard. Nah, kamu pasti penasaran, apakah itu  material blockboard ?

Blockboard  merupakan material kayu yang memiliki kualitas ketahanan yang baik. Meski jika dilihat sekilas antara blockkboard dan multipleks kelihatannya mirip, tapi ada perbedaan besar kok. Perbedaanya pada tampilan akhir (finishing), aplikasi dan fungsi penggunaan material ini. Berikut ini adalah beberapa informasi tentang blockboard sehingga kamu bisa pelajari lebih lanjut sebelum memutuskan suatu 

Tampilan lembaran material blockboard dilapisi kayu jati (teablock)


Pembuatan blockboard
Blockboard tersusun dari balok-balok kayu lunak dan memiliki lapisan triplek di bagian tengah. Bagian atas dan bawah permukaan blockboard dilapisi veneer kayu sehingga menampilkan kesan halus dan mengilap. Itu sebabnya, kadang blockboard secara tidak langsung juga dikelompokkan ke dalam jenis multipleks.  Nah, yang menarik adalah,  jika bagian luar blockboard dilapisi dilapisi kayu jati, blockboard tersebut dinamakan teablock.

BACA JUGA :

Bingung Apakah Material Lembaran Multipleks itu Bagus ?


Aplikasi material blockboard
Blockboard mudah dipotong dengan gergaji biasa. Selain itu mempunyai finishing yang kebih halus dan licin, karena dilapisi oleh veneer. Oleh karena itu, blockboard biasanya diaplikasikan untuk furniture interior, seperti meja kerja, rak buku, dan kitchen set.  Tidak bisa digunakan di luar ruangan,karena  lapisan veneer membalut permukaan blockboard mudah lapuk dan terkelupas saat terkena udara luar.

Lembaran blockboard dengan lapisan meranti


Karakteristik kekuatan Kayu Blockboard

Blockboard memiliki berat yang ringan. Setidaknya dibandingkan dengan multiplek. Selain itu, lembaran blockboard merupakan material yang memiliki karakter kayu yang lebih kaku sehingga resiko pemuaian dapat dihindari. Bila sangat bagus digunakan jika furniture yang akan dibuat mempunyai panjang 2- 3 meter. Sekali lagi, Tidak bisa digunakan di luar ruangan,karena  lapisan veneer membalut permukaan blockboard mudah lapuk dan terkelupas saat terkena udara luar. Karena komposisi lapisan kayu yang seimbang membuat blockboard tahan terhadap guncangan dan benturan, cukup stabil, dan tidak mudah retak atau berubah bentuk.

Perawatan Furniture Material  Blockboard
Perawatan blockboard memang agak repot. Selain itu hindarkan dari kemungkinan tergenang air. Meski demikian, harganya masih lebih murah dibandingkan dengan multipleks.
 




Penulis

Admin

avatar
Admin Kitchen Set dan Furniture Minimalis Area Bogor | Cibinong | Depok Online
Welcome to Kitchen Set dan Furniture Minimalis Area Bogor | Cibinong | Depok theme
Chat with WhatsApp