Rabu, 21 September 2022

Perbedaan Granit dan Marmer sebagai Material dan Dekorasi



Granit dan marmer merupakan bahan batu alam Meski sama-sama terlihat menarik dan memiliki ketahanan yang baik, rupanya terdapat sejumlah perbedaan granit dan marmer yang perlu diperhatikan. Sebelum memilih dan menggunakan salah satu atau keduanya untuk diaplikasikan sesuai kebutuhan Anda,  bisa dibaca dulu perbandingan keduanya.

Pengertian Marmer dan Granit

Pengertian marmer

Marmer atau batu pualam merupakan batuan hasil proses metamorfosa atau malihan dari batu gamping. Pengaruh suhu dan tekanan yang dihasilkan oleh gaya endogen menyebabkan terjadi rekristalisasi pada batuan tersebut membentuk berbagai foliasi mapun non foliasi. Arti dari foliasi berarti batu tersebut terdiri dari beberapa lapisan tipis, dan lapisan tipis itu bisa dilepas.

Selain itu, batu marmer merupakan jenis batu alam yang dapat tembus cahaya sehingga ia cenderung lunak bila menerima benturan. Patung-patung pada rumah mewah dan ornamen seni juga menggunakan batu marmer sebagai bahan dasarnya.

Pengertian granit

Granit dan marmer merupakan bahan batu alam Meski sama-sama terlihat menarik dan memiliki ketahanan yang baik, rupanya terdapat sejumlah perbedaan granit dan marmer yang perlu diperhatikan. Sebelum memilih dan menggunakan salah satu atau keduanya untuk diaplikasikan sesuai kebutuhan Anda,  bisa dibaca dulu perbandingan keduanya.

Secara alami, batu granit ditemukan dalam ukuran yang besar, kokoh, serta keras. Batu granit kemudian dipotong sesuai dengan ukuran yang diinginkan menggunakan alat potong yang kuat untuk kepentingan selanjutnya. Inilah yang menjadi alasan batu granit dipakai untuk material bangunan.

Kekuatan batu granit sangat baik untuk dijadikan bahan bangunan. Kilaunya yang menawan merupakan ciri utama dari batu ini. Granit juga baik untuk diletakkan di dalam maupun di luar ruangan sebab batu ini tahan akan cuaca panas dan dingin.


Perbedaan Granit dan Marmer

Saat ini ada beragam pilihan jenis ubin atau keramik yang dapat dipilih untuk lantai dan dinding maupun pelapis interior maupun eksterior rumah. Beberapa di antaranya adalah granit dan marmer.  Granit dan marmer merupakan material yang terbuat dari batu yang digali langsung dari bumi.

Meskipun keduanya memiliki beberapa kesamaan yang mendasar, tetapi terdapat juga perbedaan yang cukup signifikan.

1. Perbandingan Motif Granit dan Marmer

perbedaan granit dan marmer


Secara umum, karena keduanya terbentuk secara alami, sehingga keduanya sama-sama tidak ada motif yang sama antara satu dan lainnya. Tapi, granit dan marmer memiliki tampilan yang sangat jelas berbeda. Penjelasannya sebagai berikut :

Granit memiliki motif berupa bintik-bintik pada permukaannya yang timbul secara alami dari proses peleburan batu-batuan yang menjadi satu.

Sementara marmer memiliki motif berbentuk garis-garis urat yang halus.  Motif urat pada marmer terbentuk dari kotoran mineral yang mengendap.


2. Perbandingan Karakteristik Granit dan Marmer


Marmer dan granit sama-sama aterial yang berpori. Jangan tertipu dengan tampilan keduanya yang licin. Karena berpori, cairan yang tumpah di atasnya, terutama asam dapat meresap ke dalam jenis batu ini dan menyebabkan noda yang membandel.

Marmer jauh lebih mudah untuk menyerap noda daripada granit,  Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan nat yang tidak berpasir jika memasang ubin marmer.

Selain itu, marmer juga rentan terhadap panas dan tumpahan asam. Menempatkan peralatan masak yang masih panas di atas marmer dapat menyebabkan kerusakan pada jenis batu ini. Menumpahkan makanan atau cairan asam, seperti cuka atau lemon atau jus jeruk nipis juga dapat membuatnya kusam. Untuk mengatasinya Anda bisa memoles dan mendempulnya dengan sealant untuk meningkatkan ketahanan marmer secara signifikan.

Perlu juga diingat kalau seiring waktu, marmer juga secara alami dapat menjadi kusam. Tidak seperti noda yang dapat dihilangkan sampai batas tertentu, kerusakan marmer adalah proses yang tidak dapat dicuci kecuali dipoles lagi.

Sementara granit sebaliknya, meski masih menyerap noda, namun tidak separah marmer.


3. Beda Aplikasi Granit  dan Marmer

Granit memiliki sifat yang tahan lama sehingga cocok diaplikasikan untuk lantai restoran dan dapur.

Sementara marmer lebih cocok digunakan di area yang tidak terlalu sering digunakan seperti kamar mandi, bak mandi, dinding shower, lantai dan meja rias.


4. Beda perawatan Granit dan  Marmer


Karena granit dan marmer memiliki pori-pori yang berukuran cukup besar, hal ini membuat permukaannya jadi rentan kotor. Untuk itu, usahakan agar dinding atau lantai tidak terkena cairan yang bersifat asam atau cairan yang terbuat dari bahan-bahan kimia yang keras.

Namun, jika hal tersebut terjadi, kamu harus segera membersihkannya dengan segera agar tampilan dan kebersihannya tetap terjaga.

5. Perbedaan Daya Tahan Granit dan Marmer


Granit memiliki kekerasan 6 hingga 7 pada skala Mohs sehingga mudah menahan goresan dan kerusakan akibat panas.  Hal tersebut menjadikannya bahan yang ideal untuk material dapur baik di dalam maupun di luar rumah. Selain itu, granit tidak akan lecet atau berubah warna dari kegiatan rumah tangga sehari-hari.

contoh motif permukaan granit untuk meja kitchen set

Marmer memiliki kekerasan 3 hingga 5 pada skala Mohs sehingga daya tahannya tidak sama dengan granit. Marmer akan mengalami kerusakan oleh kegiatan memasak seperti memotong dan kontak dengan panci panas dan piring juga dapat merusak marmer. Sebagai permukaan, marmer adalah pilihan yang lebih cocok untuk tempat lalu lintas rendah seperti meja rias kamar mandi, perapian dan aksen dekoratif.

BACA JUGA :

6. Perbandingan Harga Granit dan Marmer


Granit maupun marmer merupakan material penutup lantai yang harganya sama-sama tidak murah.  Selain harga belinya yang mahal, biaya pemeliharaan yang harus kamu keluarkan untuk merawatnya pun tidak sedikit.

Adapun harga rata-rata lantai granit dan lantai marmer berkisar antara Rp500 ribu sampai Rp2 juta per meter persegi. Harga ini tergantung dari warna dan motif lantai serta ukurannya. Namun jika dibandingkan berdasarkan ukuran yang sama, harga granit lebih mahal daripada marmer.

Harga ini tergantung dari warna dan motif lantai serta ukurannya.

Namun jika dibandingkan berdasarkan ukuran yang sama, harga granit lebih mahal daripada marmer.

Penulis

Admin

avatar
Admin Kitchen Set dan Furniture Minimalis Area Bogor | Cibinong | Depok Online
Welcome to Kitchen Set dan Furniture Minimalis Area Bogor | Cibinong | Depok theme
Chat with WhatsApp