Rabu, 21 September 2022

Material Granit : Pengertian, Jenis, Kelebihan, Kekurangan, Dan Biaya Perhitungan Table Top Untuk Kitchen Set

Permukaan meja Kitchen set atau meja makan ada banyak pilihan. Mulai dari HPL, melamin, keramik, stainless, hingga batuan alam seperti marmar dan  granit. Selain 2 jenis batu alam tadi ada jenis batuan alam lainnya yang bisa jadi pelapis permukaan meja. 

kitchen set dengan permukaan granit

Berikut ini jeni batu alam yang sering dipakai sebagai permukaan meja ( top table)  Kitchen Set

  1. Granit
  2. Marmer
  3. Marmer Travertine.
  4. Bianco Carrara
  5. Onyx


Kali ini, artikel ini akan khusus membahas tentang material granit saja.

Pengertian Batu Granit

Batu granit adalah jenis batuan alam yang  terbentuk dari proses pembekuan magma yang berlangsung secara bertahap dan perlahan di dalam bumi. Secara fisik, batu granit berwarna abu-abu, putih, dan kombinasi keduanya. Batu ini juga terkadang muncul dengan warna jingga atau merah muda. Warna atau rona yang ada pada batu granit tersebut tergantung proses kimiawi yang dialaminya serta kandungan mineral yang ada di dalamnya.

batu granit mentah
Contoh batu granit belum diolah


Secara alami, batu granit ditemukan dalam ukuran yang besar, kokoh, serta keras. Batu granit kemudian dipotong sesuai dengan ukuran yang diinginkan menggunakan alat potong yang kuat untuk kepentingan selanjutnya. Inilah yang menjadi alasan batu granit dipakai untuk material bangunan.

Kekuatan batu granit sangat baik untuk dijadikan bahan bangunan. Kilaunya yang menawan merupakan ciri utama dari batu ini. Granit juga baik untuk diletakkan di dalam maupun di luar ruangan sebab batu ini tahan akan cuaca panas dan dingin.



Jenis-Jenis Batu Granit

  1. Batu granit hitam adalah salah satu granit yang paling terkenal karena memiliki daya tarik yang elegan dan terbaik digunakan untuk dinding, meja, dan lantai.
  2. Batu granit biru memiliki sinar perak yang dapat memberikan tampilan yang elegan dan kaya.
  3. Batu granit putih dikenal sebagai salah satu granit paling fleksibel dan terjangkau. Tipe ini juga biasanya digunakan untuk aplikasi pada permukaan yang keras.
  4. Keramik batu granit emas mempunyai warna dasar netral yang terbaik untuk digunakan pada ruangan besar seperti gedung.
  5. Batu granit cokelat memiliki warna netral yang dapat melengkapi berbagai jenis bahan. Granit ini merupakan jenis granit yang memiliki warna hangat yang dapat dikombinasikan dengan logam, keramik dan kayu.
  6. Granit hijau memiliki warna hijau yang kaya dan merupakan bahan pilihan terbaik untuk dinding dan lantai. Granit jenis ini sering juga digunakan sebagai aksen warna pembeda atau warna utama.


Kelebihan Table Top Granit


1. Kuat dan Tahan Lama
Jenis lantai tidak mudah retak, pecah, berjamur, ataupun lapuk. Material ini bahkan dapat bertahan di lingkungan yang memiliki cuaca ekstrem. Kelebihan ini membuat harganya juga cenderung lebih mahal dari yang lainnya, tetapi sepadan dengan kualitasnya. Bahan granit meski "lebih mahal" tapi bisa bertahan hingga 10 tahun. 


2. Tahan Terhadap Goresan
Jenis lantai ini memiliki permukaan yang cukup halus dengan pori-pori yang kecil. Hal ini membuat permukaannya tahan terhadap goresan.


3. Memberikan Kesan Mewah
Jenis lantai ini memiliki warna dan motif yang alami dengan permukaan yang terlihat berkilau dan menampilkan kesan mewah.


4. Memiliki Bobot yang Berat
Material ini memiliki bobot yang berat sehingga tenaga ekstra dan kehati-hatian diperlukan saat memasangnya.


5. Tahan Suhu Panas
Fungsi dapur adalah tempat untuk kita memasak, maka dari itu, daerah yang ada disekitar kompor khususnya meja kabinet, pastilah akan terasa panas juga. Bila lapisannya atau bahan permukaan kitchen set terbuat dari keramik atau plastic, dikhawatirkan tidak akan tahan panas dan bisa terjadi kebakaran. Hal tersebut tidak termasuk denga granit, granit cenderung memiliki ketahanan terhadap  panas yang tinggi.


6.Tahan Gores dan Beban Berat

Keunggulan lain dari lantai atau kitchen set yang menggunakan granit ialah dari proses pembuatannya. Lantai rumah tinggal dengan berbahan granit dibuat dengan cara permukaan nya dipoles sampai mengkilap sehingga jauh lebih tahan gores atau benda jatuh. Lantai granit juga sangat kuat dan sanggup menahan beban berat hingga maksimal 500 kg. Sehingga memiliki keunggulan dibandingkan keramik.


7. Mudah Dibersihkan
Selain itu lantai granit juga mempunya daya serap air yang relatif kecil yaitu hanya sekitar 0,05% jika kita bandingkan dengan lantai yang menggunakan bahan keramik. Jika tampak kusam, cukup poles dengan bubuk khusus yang ada tersedia dipasaran.

8. Bersifat kedap udara

 Karena sifat ini, tidak perlu khawatir bentuknya berubah karena terkena air atau terjadi banjir.


Kekurangan dari Granit

  1. Variasi corak dan warna dari granit tidak sebanyak marmer atau vinyl
  2. Batu granit lebih berat dibandingkan dengan yang lainnya
  3. Warna tidak bisa sama persis
  4. Diperlukan alat pemotong yang khusus karena material ini keras dan tebal
  5. Harganya lebih mahal daripada marmer


Biaya Permukaan Meja Kitchen Set  Dengan Material Granit

Jika Anda sudah membaca kelebihan dan kekurangan material granit yang akan diaplikasikan ke meja atau top table kitchen set Anda, Anad bisa simpulkan sendiri apakah butuh atau tidak. Jika butuh, tentu pertanyaan berikutnya, adalah berapa harga granit.

Jika kita bisa melakukan pemotongan sendiri, dengan pelatihan yang cukup atau trial dan eror. Kita bisa menekan banyak biaya jasa pemasangan table top kitchenset. Namun, jika Anda membandingkan waktu yang dihabiskan dibandingkan harus menghubungi jasa tukang granit, kembali kepada setiap pribadi. 

permukaan meja dilapisi granite

Daftar biaya  untuk memesan granit sebagai permukaan meja kitchen set.

Berikut ini adalah biaya-biaya jika memesan granit atau batu alam untuk table top Kitchen set:

  1. Biaya pemotongan
  2. Biaya Poles
  3. Biaya pembuatan Lubang sink (bak air) -- jika ada
  4. Biaya pembuatan profil pinggiran.


Harga jasa pembuatan meja granit cukup bervariasi tergantung vendor pengerjaan interior , kuantitas, dan juga negosiasi. Sebagai gambaran berikut ini simulasi harga top table kitchen set yang menggunakan Granit dengan panjang 3 Meter

Cara menghitung biaya top table kitchen set dengan granit

Simulasi Estimasi Harga Biaya Granit Kitchen Set ukuran 60 cm x 300 cm

  1. Harga Granit Rp. 1 Juta/m3 
  2. Ukuran Top table 60 x 300 cm (0,6mx2,5m) = 1,8 m2
  3. Harga Ganit Mentah 1,5m x 1 Juta = 1,8 Juta (hitung meter persegi))
  4. Jasa Potong Rp. 50.000/ml x 3 = Rp. 150.000 (hitung meter lari)
  5. Jasa Profile Pinggiran Rp. 80.000/ml x 3m = Rp. 240.000 (hitung meter lari)
  6. Jasa Lubang Sink Rp. 150.000/lubang
  7. Jasa Pemasangan dan Setting Rp. 250.000

Total pemasangan granit kitchen set = Rp. 2.590.000

Catatan :

Harga tersebut adalah contoh / simulasi. Harga bisa berbeda sesuai daerah dan kondisi pasar penjualan.

BACA JUGA :

 

Jenis Profil Pinggiran Granit Kitchen Set

Profil pinggiran kitchen set ada bermacam bentuk dan jenisnya, berikut daftar dan namanya:

  1. Eased
  2. 1/4 Bevel
  3. 1/4 Round
  4. 1/2 Bevel
  5. Full Bullnose
  6. Full 1/4 Round
  7. Full 1/4 Bevel
  8. 1/2 Bullnose
  9. Ogee
Profil pinggiran granit


Umumnya yang dipakai adalah Bull Nose, setengah bulat, persegi, dan Round. Daftar ini juga bisa jadi rekomendasi buat Anda jika ingin profil pnggiran granit di luar yang 3 model biasa tadi.
 


Penulis

Admin

avatar
Admin Kitchen Set dan Furniture Minimalis Area Bogor | Cibinong | Depok Online
Welcome to Kitchen Set dan Furniture Minimalis Area Bogor | Cibinong | Depok theme
Chat with WhatsApp