Perencanaan Posisi Kitchen Set dan Dapur Berdasarkan Teori 5 Zona Dapur

 'Segitiga kerja' telah mendominasi perencanaan dapur selama bertahun-tahun. Prinsip yang menyatakan bahwa agar dapur menjadi efisien, tiga zona kerja utama dapur — kompor, lemari es, dan wastafel — harus diposisikan sedemikian rupa sehingga membentuk segitiga. Sementara itu telah bekerja dengan sangat baik untuk banyak dapur dalam rentang waktu yang luas, sebuah teori baru kini muncul — 5 Zona Dapur — dibuat untuk membuat segala sesuatunya lebih efisien dalam merencanakan dapur anda.


5 Zona Dapur menetapkan bahwa dapur dibagi menjadi lima zona berbeda: persiapan, memasak, pembersihan, bahan habis pakai, dan bahan tidak habis pakai. Kami melihat zona ini untuk melihat bagaimana Anda dapat menerapkannya ke dalam perencanaan dapur Anda sendiri.

 BACA JUGA :  Perencanaan Kitchen Set dengan Ruang Dapur Segitiga, Rahasia Dapur Gordon Ramsay : Denah Dapur U, dan L

 Zona 1 : Persiapan 

Zona ini adalah tempat makanan disiapkan. Anda menginginkan ruang meja yang relatif bersih di sini. Idealnya, itu harus ditempatkan di dekat zona habis pakai di mana lemari es berada dan juga di antara area pembersihan dan zona memasak sehingga kita dapat mengeluarkan bahan-bahan kita, membilasnya, menyiapkannya dan kemudian memasaknya. Ini meminimalkan pergerakan dan meningkatkan efisiensi.


Anda ingin menemukan alat persiapan Anda di sini. Alat ini dapat terdiri dari: pisau, talenan, alat pengolah makanan, pengupas, pembuka kaleng, lesung dan alu, gunting dapur, parutan, sendok pengukur, timbangan dapur, sikat kue, wadah penyimpanan untuk menampung bahan-bahan yang telah disiapkan dan plastik ziplock (berguna untuk mengasinkan  dan marinasi ). Anda juga dapat memasukkan minyak, rempah-rempah, dan bumbu di zona ini karena sering ditambahkan selama tahap persiapan. Ini harus tumpang tindih dengan zona memasak Anda.

 Zona 2: Barang Habis Pakai



Zona habis pakai adalah tempat penyimpanan semua makanan habis pakai Anda. Di sinilah biasanya lemari es berada. Itu juga tempat dapur (untuk menyimpan bahan pokok yang tidak perlu didinginkan, makanan ringan, makanan sarapan dan peralatan dapur seperti pembuat kopi dan pemanggang roti) berada. Letakkan di sebelah area pembersihan dan persiapan Anda. Jika bisa, cari juga zona habis pakai di dekat area memasak Anda, karena akan memudahkan Anda menjangkau bahan-bahan di menit-menit terakhir atau bahan-bahan yang perlu didinginkan sebelum memasak.

Pastikan ada ruang untuk menyimpan barang belanjaan Anda, karena area ini biasanya tempat sebagian besar pembelian Anda dibongkar. Temukan zona bahan habis pakai Anda di lokasi yang dapat diakses secara luas di dapur jika Anda ingin semua orang di rumah mengambil makanan ringan sendiri.

Lokasi ideal: Dekat zona pembersihan dan persiapan (juga zona memasak jika memungkinkan)

 Zona 3: Memasak


 

Di zona memasak, kompor dan kap mesin berada di tengah semuanya, dengan oven, di dekatnya. Jika Anda sering memasak, pertimbangkan untuk tidak menggunakan peralatan memasak yang biasa digunakan dan peralatan masak sehari-hari demi kenyamanan. Kosongkan ruang konter dengan pengatur dinding seperti batang atau rak logam tempat Anda dapat memasang alat memasak atau pertimbangkan untuk menggunakan rak yang dipasang di langit-langit. 

Khususkan satu area untuk peralatan memasak yang Anda gunakan setiap hari. Bisa berupa rice cooker, pressure cooker atau air fryer. Tinggalkan mereka di atas meja jika Anda memiliki ruang, karena mengeluarkan dan mengeluarkannya dari lemari akan menjadi tugas yang berat. Atau pertimbangkan untuk menyembunyikannya di belakang garasi peralatan di meja kasir. Rencanakan outlet listrik yang cukup di area tersebut sehingga Anda dapat meminimalkan paparan kabel dan penggunaan kabel ekstensi.

Lokasi ideal: Di sebelah area persiapan dan zona bahan habis pakai. Dekat zona pembersihan.

Zona 4: Peralatan Pakai Berulang


 
Peralatan Pakai Berulang  pakai adalah untuk semua hal lain di dapur yang tidak terletak di zona lain. Zona ini seharusnya tidak menempati lokasi utama di dapur Anda. Biasanya di sinilah peralatan saji Anda seperti piring, mangkuk, cangkir, dan peralatan makan disimpan. Oleh karena itu, peralatan saji harus berada di dekat zona pembersihan Anda, sehingga Anda dapat menyimpan peralatan saji dengan mudah setelah dicuci dan dikeringkan. Ini juga merupakan zona ideal untuk menyimpan peralatan kecil yang tidak digunakan setiap hari.

Lokasi ideal: Di sebelah zona pembersihan

Zona 5: Area Bersih


 

Zona ini ditentukan oleh letak wastafel dan mesin pencuci piring. Itu juga tempat tempat sampah dapur berada. Tempatkan mesin pencuci piring Anda di sebelah kiri wastafel (jika Anda tidak kidal), sehingga Anda dapat mengikis sisa makanan sebelum menyimpannya di mesin pencuci piring dengan satu gerakan yang mengalir.

Anda menginginkan zona pembersihan di sebelah zona persiapan dan juga di mana area bahan habis pakai (lemari es) berada. Anda juga menginginkan area non-bahan habis pakai di dekatnya sehingga Anda dapat menyimpan piring yang sudah dibersihkan dengan mudah. Simpan persediaan pembersih Anda di zona ini: deterjen, tisu basah, pembersih dan kain serbaguna. Beberapa orang juga suka memiliki zona pembersihan di sebelah zona memasak karena akan membantu dalam pembersihan saat Anda pergi.

Lokasi ideal: Dekat zona persiapan, bahan habis pakai dan tidak habis pakai (di dekat zona memasak jika memungkinkan)