Selasa, 08 September 2020

Ruang Dapur Segitiga, Rahasia Dapur Gordon Ramsay : Denah Dapur U, dan L

Siapa yang tidak kenal Gordon Ramsay. Koki selebriti yang banyak memiliki acara masak-mmemasak yang terkenal. Acaranya di Uncharted Nat Geo yang menggandeng Wiliam Wongso menelusuri makanan khas Minang, yaitu rendang, menjadi salah satu topik yang cukup hangat beberapa bulan yang lalu.

Di balik acara yang dibawakan oleh Gordon Ramsay, terutama untuk acara memasak di dalam ruangan, selalu ditampilkan ruang memasak yang keren, lengkap dan tentu saja yang tidak habis pikir adalah para koki selalu mudah bergerak di ruang dapur tersebut. 

BACA JUGA :

Ruang Dapur Segitiga, Rahasia Dapur Gordon Ramsay : Denah Kitchen Set G, Galeri dan Meja Tengah


Memutuskan lay-out dapur itu susah-susah gampang. Harus dipikirkan  penempatan  peralatan dapur, kompor, wastafel, meja, dan kursi. Nah, kali ini kita akan membahas Teori Dapur Segitiga yang kabarnya diadaptasi oleh Chef Gordon Ramsay supaya ruang dapurnya effisien, dan tentu berfungsi penuh.  

Konstruksi dapur segitiga ini terdiri dari 3 area kerja utama, ruang pendingin, oven /kompor dan wastafel, yang dibuat dalam jarak yang mudah dijangkau.

Ada  5 type umum denah dapur, meliputi, U, L, G, Galeri dan dapur dengan meja tengah.  Namun kali ini kita akan membahas untuk  kitchen set bentuk U, dan  L terlebih dulu. 


kitchen set dapur
Denah dapur dengan lemari dapur / kitchen set

Dapur Bentuk U

Dapur bentuk U idela untuk dapur yang sibuk dimana yang bekerja bisa lebih dari 1 orang di area tersebut  dalam wkatu yang sama. Lay out ini cocok untuk dapur dengan area 3,5 x 3,5 meter.  Dasarnya, ini adalah ruang dapur serupa dapur kapal laut, dengan satu ujung ditutup. 

Salah Satu Contoh Dapur Bentuk U

Coba diperhatikan, di bagian tengah, adalah wastafel, samping kiri adalah kompor, kanan area untuk menghidangkan, dan dekat kompor adalah kabinet untuk kompor.

Salah Satu Contoh Dapur Bentuk U

Dapur Bentuk L

Pengaturan kitchen set dengan bentuk L ini adalah desain yang padat. Untuk menyiasati area terbatas, rak-rak gantung di dinding atau kabinet sangat direkomendasikan untuk menampung semua peralatan yang ada. Denah ini terdiri dari 2 dua dinding yang berdekatan dan tegak lurus. Ini merupakan model dapur yang cukup populer  di apartemen kecil dimana dapur dan ruang tamu tidak terpisah, sehingga menimbulkan ilusi bahwa ruangan sangat besar. 

 

Salah Satu Contoh Dapur Bentuk LL

Coba perhatikan gambar di atas, semua kitchen set, perabot dapur, dibuat menempel ke dinding. Termasuk oven. Sementara di seberang adalah meja untuk menghidangkan, atau untuk makan. 

Salah Satu Contoh Dapur Bentuk L



BERSAMBUNG

Ruang Dapur Segitiga, Rahasia Dapur Gordon Ramsay : Denah Kitchen Set G, Galeri dan Meja Tengah

 

Penulis

Admin

avatar
Admin Kitchen Set dan Furniture Minimalis Area Bogor | Cibinong | Depok Online
Welcome to Kitchen Set dan Furniture Minimalis Area Bogor | Cibinong | Depok theme
Chat with WhatsApp