Kamis, 06 Mei 2021

Desain Kitchen Set Untuk Rumah Minimalis 2021

Dapur merupakan salah satu area yang cukup penting. Dapur tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk memasak, namun juga menjadi pusat berbagai kegiatan lainnya, seperti makan, hingga menjamu tamu yang berkunjung ke rumah. Lalu bagaimana dengan Anda yang memiliki ukuran ruang dapur yang terbatas namun tetap ingin memfungsikannya kitchen set semaksimal mungkin?

Berikut ini adalah beberapa desain / lay-out kitchen set minimalis yang dapat menjadi inspirasi dan dapat Anda sesuaikan untuk rumah Anda:  


1. Kitchen set minimalis  Lurus

Ilustrasi : Contoh kitchen set lurus

 Kalau anda punya ruang dapur kira kira 2,5 x 2,5 meter, maka lay out kitchen set ini mungkin bisa dipertimbangkan langsung.

Model ini biasa diaplikaikan di hunian dengan ukuran kecil seperti apartemen. Prinsip dari desain ini adalah mengikuti panjang ruangan sehingga bisa menghemat tempat, dan Anda juga bisa merasa lega.

Sangat disarankan untuk menempatkan kitchen set di sisi ruangan yang lebih panjang. Untuk menyiasati penyimpanan peralatan dapur yang
banyak, bisa menggunakan metode menggantung peralatan dapur di
 dinding backsplash atau membuat rak

Soal ini bisa juga di lihat di artikel : Ide Kitchen Set di Hunian Sempit

2. Kitchen Set Minimalis Lorong

Lay Out Kitchen Set Lorong (Galley)

Pola penempatan kitchen set minimalis lorong dimana ada kabinet yang berseberangan. Bentuk ini cocok untuk diterapkan bila Anda memiliki ruangan memanjang. Di ujung ruangan, terdapat jendela atau pintu. Saat menempatkan 2 kabinet berhadapan, harus dipastikan dan diukur  jangan sampai terlalu sempit sehingga akan mengganggu aktivitas keseharian Anda di dapur nantinya.

Contoh tampilan kitchen set lorong

    
Ruangan yang terbatas tetap harus dimaksimalkan, semisal untuk tempat penyimpanan peralatan memasak, bahan masakan dan bumbu kering, sehingga mudah diakses. 


3. Kitchen Set Minimalis  L

Desain kitchen set minimalis ini dibuat posisinya sehingga seperti membentuk huruf L. Kitchen set L memanfaatkan bagian sudut ruang , dan juga merupakan model paling umum digunakan karena dianggap memenuhi fungsi umum dan biayanya tidak terlampu mahal. 


Bagi Anda yang memang sibuk di dapur,  desain kitchen set minimalis dengan bentuk huruf L ini karena dapat memudahkan alur kegiatan sehingga Anda dapat melakukan aktivitas memasak dengan bebas.

Baca juga :

Ruang Dapur Segitiga, Rahasia Dapur Gordon Ramsay : Denah Kitchen Set G, Galeri dan Meja Tengah

Selain itu, desain kitchen set minimalis model ini relatif lebih nyaman untuk diaplikasikan pada ruang dapur berukuran sempit. Anda juga dapat menerapkan ‘pola segitiga’ ergonomis pada kitchen set dengan model huruf L ini agar Anda dapat bergerak dengan lebih dinamis. Model dapur seperti ini memiliki tempat penyimpanan yang cukup besar. Letakkan kulkas disebelah kabinet agar dekat dengan area makan dan mudah untuk dijangkau setiap saat.



Penulis

Admin

avatar
Admin Kitchen Set dan Furniture Minimalis Area Bogor | Cibinong | Depok Online
Welcome to Kitchen Set dan Furniture Minimalis Area Bogor | Cibinong | Depok theme
Chat with WhatsApp