Bingung Apakah Material Lembaran Multipleks itu Bagus ?

Multipleks merupakan salah satu material yang banyak disukai untuk pembuatan perabot /  furniture, maupun konstruksi. Material ini banyak dipilih sebab memiliki keunggulan dibandingkan dengan material kayu olahan lainnya seperti, MDF, blockboard, atau partikel board.

Multipleks memiliki kekuatan dan ketahanan mengimbangi kayu asli, namun harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan kayu asli. Mungkin saja kamu juga sering memmbaca di artikel di kitchensetbogor.com atau banyak produk  furniture yang menggunakan multipleks, tapi masih bingung juga bahan seperti apa sih itu. 

furniture multiplek
Multiplek

 

BACA JUGA : 

Ingin Tahu Apa itu Material MDF Yang Dipakai Sebagai Material Furniture / Perabot ? 

Berikut ini adalah beberapa informasi tentang multipleks yang semoga bisa memberikan informasi bagi kamu.


Proses Pengolahan Material Lembaran Multipleks
Lembaran multiplek merupakan material yang  disusundari beberapa lembaran kayu yang disatukan dengan tekanan tinggi. Pada proses awal, batang kayu dilunakkan di dalam mesin uap / boiler. Batang tersebut kemudian diiris menjadi lapisan atau lembaran-lembaran kayu. Ketebalan tiap lembaran kayunya bisa berbeda-beda, tetapi biasanya berkisar 1 sampai 4 mili meter.  Supaya lapisannya kuat dan kokoh, lembaran-lembaran ini ditumpuk bersamaan dengan partikel-partikel kayu. Setiap lapisan direkatkan dengan lem. Setelah ditempel, kemudian dilakukan proses penekanan dengan menggunakan tekanan tinggi, sehingga kayu multipleks mempunyai kekuatan yang bagus.


Beberapa Kelebihan Lembaran Multipleks
- Kuat dan Stabil
- Kayu multipleks memiliki tekanan tarik yang tinggi. Hal ini menyebabkan lapisan penyusunnya tidak mudah tereduksi sehingga tetap stabil sekalipun menopang bobot ataupun tekanan yang cukup besar.
- Tahan terhadap air, udara lembap, cairan kimia, bahkan api.
- Multipleks dilapisi oleh lapisan yang tidak mudah terbakar seperti eternit atau semen fiber.
- Memiliki sifat  insulator (memiliki sifat kedap) bangunan yang baik, baik untuk insulasi termal maupun insulasi suara. Sebagai insulator termal, kayu multipleks menjaga agar suhu panas tetap. Begitupun sebagai insulator suara, kayu multipleks menjaga agar suara bising tidak keluar dari ruangan.
-  Permukaannya masih menampilkan guratan kayu asal

Jenis-jenis Multipleks
Ada beberapa jenis multiplek di pasaran sebagai berikut :
1. Multiplek Soft Wood
Kayu multipleks lunak yang sering digunakan untuk membuat furnitur  dalam rumah / furniture interior, seperti kitchen set, kabinet, dan material lantai. Sifatnya yang fleksibel membuatnya sering digunakan sebagai material penyusun plafon. Material kayu multipleks ini memiliki ketebalan mulai dari 13 mm s/d 25 mm.

2. Multiplek Hard wood
Material / bahan membuat multiplek hardwook berasal dari kayu besar seperti kayu meranti. Begitu juga dengan ketabalannya. Jaminan terhindar dari kerusakan

3. Multiplek Tropical Plywood
Material multiplek ini dibuat dari campuran lapisan kayu terbuat dari berbagai spesies pohon yang terdapat di kawasan Asia. Ketahanananya  lebih bagus daripada multipleks jenis soft wood.

4. Exterior Plywood
Ini merupakan material multiplek yang  kegunaanya dikhususkan di area luar  ruangan. Kayu multipleks bisa dibilang punya kualitas ekstrim, karena tahan terhadap panas dan udara lembap sehingga bisa digunakan sebagai pintu gerbang, bahkan  di kamar mandi.

Furniture di Kamar Mandi  Sumber : leroymerlin(dot)fr



5. Multiplek Panel
Multiplek panel ini sebagai pelapis permukaan untuk membuat ruangan semakin indah. Karena itu, tampilan permukaannya menarik.  Untuk membuat multiplek ini, menggunakan material kayu yang cukup mahal seperti kayu mahoni, kayu jati, ataupun kayu sungkai

 

Contoh pemakaian multiplek sebagai panel lantai Sumber : bobvila(dot)cpom


Nah, kalau sudah tahu beberapa jenis multiplek, kegunaannya, harusnya tidak bingung lagi memilih bahan yang mana. Tidak selalu multiplek dipilih berdasarkan tebal saja, tapi materialnya akan dibuat untuk apa.  Semisal, jika ingin membuat kitchen set, tentu harganya terlalu mahal jika tidak dibuat dari multiplek soft wood. Tapi jika digunakan untuk luar ruangan, tentu akan tidak awet jika pakai material multiplek softwood.


Komentar