Info Tambahan Laminasi / Pelapis HPL

 Lapisan / laminasi Padat adalah bentuk HPL yang lebih baru dan terutama digunakan untuk tempat non-hunian seperti partisi toilet. Mereka lebih tahan terhadap air dan kelembapan serta bahan kimia, itulah sebabnya mereka juga biasa ditemukan di laboratorium. Namun sekarang, mereka semakin banyak ditemukan di rumah.

Contoh HPL



1.  Lapisan laminasi lantai tidak persis sama dengan HPL
Meski kelihatan mirip dengan HPL, dan terbuat dari bahan sama, lapisan untuk lantai terbuat dari material HDF (High Density Fiber Board) atau MDF (Medium Density Fibre Board).  

2. Hindarkan Laminasi Di Area Basah dan Luar Ruangan
Sangat disarankan jangan menggunakan pelapis di area basah di rumah, seperti kamar mandi. Kalau menggunakan furniture yang menggunakan lapisan HPL di kamar mandi, maka pastikan saja tidak terkena percikan sama sekali.   HPL tidak cocok untuk penggunakan perabot yang ditempatkan di luar ruangan. 


ARTIKEL LAIN:

KELEBIHAN , KEKURANGAN, dan PERAWATAN MATERIAL HPL UNTUK FURNITURE ANDA


3. Ukuran standar
Kebanyakan ukuran standar HPL 2440 (panjang) x 1220 (lebar) x tebal 0,8 mm. Kamu harus menggabungkannya jika ingin menutup area yang lebar, semisal dinding. Namun ada pula lembaran laminasi yang cukup besar yang berukuran 3000x1300 mm. 

4. Ada 2 Jenis Edging

Untuk menggabungkan 2 lapisan HPL, dan menghindari terkelupas dalam waktu singkat, biasanya digunakan Edging. Ada 2 material edging, yaitu :

a. ABS (acrylonitrile butadiene styrene) dan 

b. PVC (polyvinyl chloride). 

Keduanya terbuat dari bahan plasik yang mudah dibentuk. Jika dibandingkan, edging bahan ABS lebih tahan lama, tapi harus pakai tambahan mesin / alat untuk mengaplikasikannya. Sementara edging bahan PVC bisa diaplikasikan dengan lem. 

Contoh Edging HPL bahan PVC

Karena kemudahan ini maka PVC lebih populer di pasaran. 


4 Laminasi Padat Supaya Tepian Kelihatan Lurus
menggunakan edging material ABS atau PVC, tidak akan membuat tepian furniture lurus sekali. Jika ingin tampilan lebih baik, menggunakan laminasi padat atau laminasi kompak bisa jadi pilihan. Jika permukaan meja ini dipasang laminasi kompak, maka tepiannya bisa tidak menggunakan edging, karena bagian sisi yang terlihat adalah inti / core.