Interior untuk rumah anda


Belakangan ini sedang populer dengan desain interior ruangan. Sampai beberapa acara di televisi, ada acara tentang interior ruangan, mulai dari tips "make over" ruangan, hingga renovasi total. Banyak orang latah menghubungi desainer interior banyak yang terkenal hingga tidak terlalu terkenal untuk mempercantik ruangan mereka. Masalahnya adalah sesuatu yang "cantik" tidak harus selalu dengan mahal.


Sangat disayangkan bahwa uang yang harusnya bisa dihemat menjadi banyak terbuang karena membeli banyak furniture mahal (karena ber-merk) untuk mengikuti anjuran desainer interior. Sebelum anda bergerak menekan nomor telepon desainer interior, atau tukang interior anda, barangkali anda harus menahan diri dulu.

Coba pikirkan kembali apa yang sedang anda inginkan. Pengaturan interior ruangan tidak harus melulu anda serahkan kepada desainer interior, atau orang lain. Anda harus percaya, bahwa anda punya punya selera yang unik. Beberapa hal yang harus anda perhatikan :

1. Fungsi Ruangan yang hendak di- "dandani"  
Jangan katakan anda bingung. Barangkali desainer anda pun lebih bingung, jika anda tidak tahu ruangan itu hendak jadi apa. Mau jadi ruang tamu (plus ruang keluarga), ruang bermain, atau ruang bersantai     sambil baca buku. Pikirkan apa fungsinya nanti.

2. Thema     Banyak orang mengira bahwa ruangan yang "wah" adalah ruangan yang penuh perabotan. Gaya rumah sih     boleh minimalis, tapi dalamnya banyak perabotan sana sini, yang membuat ruangan kelihatan sempit. Kenali kemauan anda, dan keluarga anda. Apakah anda maunya ruang kosong ( misalkan karena banyak    anak-anak yang beraktivitas), atau anda ingin ruangan yang memang cocok untuk anda bicara secara    akrab (sehingga bisa diputuskan ada beberapa sudut untuk kursi yang nyaman)

3. Situasi & Kondisi    Bagaimana situasi anda? Ukuran rumah anda? Kondisi keuangan anda? Dari ketiga hal tadi, bila dipadukan dengan baik maka akan dihasilkan sebuah ruangan yang membuat penghuninya merasa nyaman.

 Faktor nyaman ini bukan hanya satu-satunya yang hendak dicapai, tapi ada hal lain, misalnya:
 - effisiensi ruangan. Dimensi ruangan sih boleh kecil, tapi dengan pengaturan yang benar, anda bisa mendapatkan "lahan" yang cukup membuat anda nyaman.
- nuansa Perasaan apa yang anda inginkan tampil di ruangan itu? Barangkali anda ingin nuansa baca yang nyaman, atau perasaan tenang karena ruangan itu aman buat aktivitas buah hati anda. Bisa juga, kesan mewah yang membuat anda merasa bangga mengundang tamu anda ke rumah.
- Identitas Ruangan yang dibuat untuk menunjukkan siapa anda, hasrat anda, keunikan anda. Dari ruangan yang dibuat, orang bisa mengenal anda.
Nah, anda sudah memikirkan beberapa hal di atas tadi? Kemudian, anda penasaran bagaimana mewujudkannya? Anda bisa bergegas membeli buku katalog desain interior, barangkali anda punya ide baru atau tertarik dengan salah satunya. Kalau tidak mau repot, anda bisa hubungi jasa konsultasi desainer interior anda.

Konsultasikan keinginan anda, karena dalam proses membuat ruangan yang sesuai keinginan anda, banyak proses yang harus ditanyakan, mulai dari bahan di katalog yang ingin diubah, atau model disederhanakan, atau anda ingin memadukan dua model hadir dalam satu ruangan. Seorang Desainer Interior yang Baik  akan membantu anda untuk;
- Mewujudkan ide-ide tersebut ke dalam suatu rancangan yg sesuai dengan keinginan pemilik ruangan. - Mengatur dana  yang sesuai dengan keinginan Owner
- Mengusulkan Jenis Finishing yang baik, dan
- Mewujudkannya.

Pada akhirnya diharapkan anda  memang merasa lebih nyaman, aman, dan sehat di tempat anda sendiri bersama orang-orang yang anda sayangi. Toh, pada akhinya anda ingin pergantian yang terjadi bisa seperti gambar berikut:

Gambar Dapur Sebelum direnovasi 
Gambar Dapur Sesudah direnovasi.

Bagaimana? Tampak perbedaan besar bukan?